Paham Egoisme

Manusia itu pusatnya egosentris, itu yang gw percaya selama ini. Semua bisa berubah karena kehendak 1 orang, atau keinginan bersama. Orang yang sama-sama keras kepala mungkin akan beradu batu, tapi bukan berarti nggak bisa berjalan bersama.

Kadang, orang yang wise, harus sadar sepenuhnya, alasan kenapa seseorang bisa egois. Meskipun mungkin nggak bisa menerima dengan baik, setidaknya ada satu point dimana seharusnya dia bisa bilang, ”oh.. begitu toh alasannya” meskipun setelah itu mungkin dia tetap memegang argumennya.

Gw pribadi sering menghadapi orang-orang seperti itu, dengan segala macam jenis dan muslihat ke-egoisan.

Seseorang pernah bilang ke gw, ke-egoisan itu adalah masalah sudut pandang. Ya.. gw nggak menyangkal. Dan gw nggak bisa menemukan alasan lain mengapa seseorang bisa egois. Seperti gw yang senang berbicara sendiri dengan ‘gw’ yang ada di dalam kepala gw, dan menganggap orang lain nggak akan pernah ngerti apa yang gw maksud.. Itu juga termasuk salah satu jenis ke-egoisan lho..

Sebenarnya dengan membenarkan kata orang itu, seharusnya gw sudah bisa menemukan solusi bagaimana mengatasi ke-egoisan itu. Tapi, masalah egosentris itu yang kembali memutar fakta bahwa nggak setiap orang bisa menerima solusi yang sama..
(Sadarkah anda kalau pembicaraan ini hanya berputar di sisi subjektif…?)
Gw bisa mendengarkan orang lain, dan bersedia ikut memberi solusi. Masalahnya adalah apa orang bisa menerima solusi yang gw berikan atau dia tetap dengan jawaban yang dia pilih sendiri….? (Ini juga salah satu contoh masalah egoisme yang rentan menyerang kaum alay remaja ababil) << Doi yang rajin curhat tapi ujung-ujungnya menerima ‘jawaban’ yang dia buat sendiri.

Gw lebih memilih untuk diam, mengamati apa yang bisa di amati.
Mungkin dengan begitu akan berkurang 1 jenis manusia egois yang selalu bikin runyam masalah. Karena biasanya gw kalau ngamuk nggak pandang bulu.
Dan, mungkin sebaiknya kita mengurangi populasi orang yang banyak bicara, menyuruh mereka untuk diam sejenak untuk berpikir; memikirkan apa yang sebaiknya mereka lakukan atau katakan sebelum mengemukakannya kepada orang banyak.

Well, mungkin nggak banyak dari kalian yang sadar kalau gw sedikit banyak sedang membicarakan politik..
Yah, tergantung sudut pandang kalian…

xoxo

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

