Cosmos atrosanguineus

Ini sudah lewat tengah malam dan gw lagi banyak topik yang pengin di diskusiin.. Sementara temen2 gw; si kemblung dan si error udah selesai main WE-nya, tinggal gw yang on… (bentar lagi nyusul off lah)

Tapi sebelum tidur, gw mau cerita lagi tentang jenis flora yang gw yakin pasti banyak cewek2 yang suka..
Sebagai cowok feminis, meskipun gw nggak suka bunga yang nggak pernah pelihara pohon di rumah, jujur ini salah satu jenis yang bakal gw suka banget. Bukan karena bentuknya, warnanya, atau hal lain yang mungkin berkaitan dengan makna, dsb melainkan karena wanginya.
Ya, wanginya mirip2 AXE effect yang chocolate. Haha.. To good to be true, but this is real!

Namanya Cosmos atrosanguineus. Spesies ini lokalan Meksiko yang sudah resmi punah di alam liar. Dibudidayakan sekitar tahun 1902 oleh penduduk setempat dan cukup banyak diminati varietasnya (Cosmos).
Tingginya sekitar 40-60 cm, warna bunganya merah tua atau maroon gelap.
Yang bikin dia istimewa adalah wanginya yang seperti vanilla dan mirip-mirip coklat.

Nggak banyak literatur yang menjelaskan tentang bunga ini, tapi seandainya bisa, gw mau tanam di rumah. Lagipula dia mungkin bisa berkembang baik di Indonesia mengingat mereka cocok tumbuh di iklim tropis panas, karena mereka membutuhkan matahari yang cukup agar bisa berbunga.
Selain itu, jenis bunga tahunan ini di habitat asalnya tumbuh berkembang ketika musim panas.

Kalau gw bisa tanem di rumah, mungkin gw bisa bebas predikat jones.. haha… Cosmos effect dark chocolate temptation… 😀

Cosmos

Cara pelihara tanaman ini bisa dilihat di sini : Fine Gardening
Atau wikipedianya : Cosmos atrosanguineus

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

