Ada apa dengan Rokok

Pada dasarnya gw bukan perokok. Dari mulai remaja sampai dewasa, tiap kali kena asap rokok gw selalu mendadak lupa napas.
Awalnya dulu karena gw coba-coba ngerokok jaman SMP dan waktu itu gw batuk2 sampe sebulan nggak berhenti.
Bokap gw cuma geleng-geleng kepala waktu akhirnya gw jujur tentang apa yang gw lakukan. (Gw nggak pernah bisa bohong sama bokap, dan entah kenapa meskipun udah diniatin tu bohong, tetep aja gagal)
Akhirnya gw berjanji sama diri gw sendiri, gw nggak akan pernah ngerokok lagi.

Masa remaja gw lewati dengan bersih. Nggak ngerokok, nggak minum2an keras, nggak tawuran, apalagi narkoba. Gw bersih dari semua itu. Alasannya mungkin karena gw nggak kuat kena asap, nggak kuat mabok, cinta damai, dan gw takut jarum..!
Jaman-jaman gw sekolah dulu dunia pendidikan ramai dengan tawuran. Tapi, gw dengan santai malah selalu berusaha ngecengin cewek (dan selalu gagal) yang hasilnya sekarang gw tetap jomblo, nyaris seumur hidup… hahaha…

Tapi, balik ke masalah rokok, gw emang nggak pro dengan rokok itu sendiri. Jelas-jelas merusak kesehatan. Intermezo aja nih, fakta menarik dari India, terutama di daerah industri dan perdagangan di sana, menghirup udara di sana selama satu jam itu sama dengan menghabiskan 2 slop rokok, jumlah penderita kanker paru-parunya sangat tinggi… Selain itu penelitian di WHO menyebutkan 1 batang rokok bisa memperpendek umur selama 7 menit karena akibatnya yang buruk bagi kesehatan terutama di bagian pernapasan dan sirkulasi darah. Otak bisa cepat pikun dan resiko terkena Alzheimer pada usia lanjut meningkat.

Kandungan yang terdapat dalam rokok, antara lain:

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon Monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.

Dan selain nggak ada manfaat untuk kesehatan, rokok bisa jadi biang pemborosan.
Bayangin aja kalau Rp 2.000,- bisa untuk 1 batang rokok. Sehari 1 orang bisa menghabiskan 12 batang rokok.
Berarti, Rp 2.000,- x 12 = Rp 24.000,- dan seminggu menghabiskan Rp 24.000,- x 7 = Rp 168.000,-
sebulan berarti menghabiskan Rp 168.000,- x 4 = Rp 672.000,- dan seterusnya..
(Jujur gw ngitung pake kalkulator :p )
Sebagai anak kostan yang berpenghasilan rata-rata, gw bisa kaya dengan menghemat uang rokok yang disediakan kantor. 😀

Tapi, ada yang gw suka dari rokok. Satu-satunya hal yang gw suka dari rokok adalah iklan rokok.
Kenapa?
Karena semua iklannya yang menginspirasi!
Menampilkan rokok dalam iklan itu melanggar undang-undang, tapi mereka selalu bisa memberi nilai jual melalui pesan tersembunyi yang menurut gw cukup keren dan menginspirasi.
Belum pernah gw temui iklan rokok yang mengandung sara apalagi merusak moral seperti iklan2 makanan atau yang lain sebagainya, yang justru menampilkan cewek2 sexy, menyindir produk lain, dsb..
Meskipun SPG2 rokok selalu menggoda batin, setidaknya iklannya menggoda otak untuk berpikir.

Ada makna positif yang bisa kita ambil dari tiap iklan rokok..
Dan, yang paling gw suka sampai saat ini adalah slogan “Bersama nggak harus sama…”
Top..

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

