Migrain

Kurang tidur, banyak begadang, terlalu lama terpapar sinar matahari menyengat (alias panas-panasan) atau terlalu lama berada di area terpolusi bisa jadi penyebab migrain.
Gw melakukan hampir semua dari daftar di atas, dan sedikit menyesal mengakui kalau sekarang gw ketergantungan obat migrain. Hahaha… Miris memang.. 😀

Migrain menurut wikipedia:
Migrain adalah sakit kepala episodik dengan perubahan neurologis, pencernaan, dan otonom. Faktor genetik berperan penting dalam migrain, tapi pola pewarisan tertentu belum bisa didefinisikan. Secara umum migrain menjadi lima kategori utama, akan tetapi hanya dua kategori yang paling sering digunakan adalah migrain tanpa aura dan migren dengan aura. Dua pertiga hingga tiga perempat kasus migrain terjadi pada wanita, yang pada awal kehidupan-sekitar 25% awal selama dekade pertama, 55% dengan 20 tahun, dan lebih dari 90% sebelum usia 40. Riwayat migrain pada keluarga ditemukan dalam banyak kasus.
Nggak usah takut karena migrain bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengatur asupan makanan
  • Rajin berolahraga
  • Tidur yang cukup
  • Minum vitamin secara teratur

Pengalaman gw sih seringnya migrain kambuh kalau gw ada di sekitar orang yang merokok. Mungkin gw alergi asap atau polutan. Pokoknya kepala gw langsung nyut-nyutan nggak karuan kalau 5-10 menit berdiri di samping orang ngerokok.
Kepala bagian kiri berdenyut kencang, bahkan parahnya gw pernah sampai muntah.

Diagnostik kriteria migrain klasik membutuhkan setidaknya lima serangan untuk memastikannya, masing-masing berlangsung dengan durasi 4 sampai 72 jam, dengan dua dari empat fitur nyeri migrain (lokasi satu sisi, berdenyut, nyeri intensitas sedang atau berat, diperburuk oleh atau dapat menyebabkan penurunan dari aktivitas fisik rutin) dan ditemukan salah satu dari dua gejala berikut (mual / muntah atau fotofobia / fonofobia). Kriteria diagnosis untuk migrain kronis baru bisa ditegakkan pada serangan sakit kepala yang terjadi 15 kali atau lebih hari per bulan.

Selain minum obat, terapi untuk menyembuhkan migrain yang biasa gw lakukan adalah minum kopi. Yap, cara ini paling simple karena caffeine dalam kopi bisa jadi oksigen booster yang dengan cepat mencapai otak.
Kalau lo concern pernah baca komposisi obat sakit kepala, untuk jenis-jenis obat yang dikhususkan (mencantumkan “extra, migra, dll”), pasti ada kandungan caffeine nya. 😀
So, kopi bisa jadi salah satu obat migrain ringan.

Tapi jangan salah, kalau sudah parah, migrain yang berlangsung lebih dari 24 jam nggak bisa lagi ditangani dengan kopi.
Untuk yang sudah langgangan sakit kayak gw, lebih baik selalu siap obat di saat nggak terduga. Migrain yang berkepanjangan harus cepat dihentikan dan dicari solusinya karena migrain bisa berujung pada penyakit stroke. Ini disebabkan karena mungkin terhambatnya aliran darah ke otak.

Brokoli, bayam, dan gandum juga baik dikonsumsi oleh penderita migrain. Susu rendah lemak juga bisa dijadikan andalan untuk tindak pencegahan dan terapi pengobatan migrain.. 😀

Advertisements

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: