Kreasi Bipolar Pasar Seni Ancol

Minggu kemarin gw sempet jalan ke daerah ancol gtu karena ada janji..
Muter2 di sekitaran pasar seni, gw liat ada pameran flona di sana. Terus ada hal lain yang menarik perhatian gw.
Sebuah poster besar dengan gambar 2 topeng putih (tersenyum dan sedih) dengan latar belakang hitam.
Ternyata itu pameran karyanya anak2 bipolar.

Seperti yang udah gw ceritain di postingan beberapa waktu lalu, gw sendiri adalah pengidap bipolar genetik. Perubahan mood gw bisa terjadi dalam waktu sangat singkat.
Meskipun bukan penghambat utama gw beraktifitas, kadang gw ngerasa bipolar itu ngebuat gw susah mengenali diri gw sendiri.

Gw punya buku catatan khusus yang gw pakai untuk mencatat semua perubahan mood (mood swing) gw yang gw rasakan.
Pada waktu2 normal, biasanya catatan2 itulah yang gw baca.
Hasilnya, kadang gw ngerasa bener2 nggak kenal siapa gw.
Di saat gw marah, melalui catatan di buku khusus itu, gw ngerasa itu bukan gw. Tapi ya, tetap gw…
(If you feel reading this is too complicated, try to be me)
Dan di saat gw seneng, ada2 aja tulisan gw.
Gaya bahasa, tekanan tulisan dan sudut pandangnya bisa beda. Padahal itu gw dan gw sadar akan hal itu.
Sebenarnya itu sedikit yang membedakan dengan kepribadian ganda.
Kalau kepribadian ganda, bukan mood yang berubah, melainkan kepribadiannya.
Yang kurang menyenangkan, penderita bipolar sering miss diagnosis dan dinyatakan gila (schizophrenia), padahal bukan.

Back to that event, dikesempatan itu gw jalan2 sendirian keliling pameran sambil seneng ngeliat puisi2 dan lukisan2 yang ada di sana.
Gw nggak bisa kasih foto atau video ttg pameran itu, tapi gw bisa bilang, karya2 mereka menarik dan bagus, dan merupakan contoh luar biasa yang pengin gw tunjukin sebagai sebagian dari isi catatan gw dari kecil.
Orang2 pengidap bipolar biasanya punya jiwa seni yang tinggi dan patut mendapat tempat dan apresiasi tersendiri di kalangan masyarakat kita 🙂
Well, gw mendukung banget kegiatan2 seperti ini dilakukan dalam rentan waktu berdekatan.
Sbg salah satu pengidap bipolar, gw sperti mendapat surprise kecil melihat pameran seperti ini, dan gw berharap, nggak cuma dilakukan 1 atau 2 minggu.
Gw yakin, dengan didukung seperti ini, pengidap bipolar bisa menjadi lebih baik berkembang dalam masyarakat atau bahkan sembuh dan kembali menjadi normal 😀

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

