Lucid Dream

Mungkin sebagian orang udah pernah ngalamin yang namanya lucid dream atau mimpi yang terasa nyata…
Gw sendiri sebagai penderita bipolar sebenarnya sering mengalami hal itu, entah ada hubungannya atau nggak.

Lucid dream pengertiannya kurang lebih adalah sebuah mimpi yang jelas di mana seseorang menyadari bahwa dia sedang bermimpi. Jadi, di dalam mimpi itu kita tau nyata dan benar itu adalah mimpi. Kebanyakan orang tidak mempunyai kemampuan untuk mengetahui bahwa ia sedang bermimpi. Tapi, sebagian orang yang unik bisa memiliki kesadaran tersebut dan memiliki kendali atas mimpinya. Hal ini menunjukkan bahwa ada jumlah yang lebih tinggi dari beta-1 pita frekuensi (13-19 Hz) yang dialami oleh orang yang mengalami lucid dream, maka ada peningkatan jumlah aktivitas di lobus parietal yang membuat lucid dream menjadi suatu proses yang dijalani dengan sadar.

Memang ada sebagian orang beranggapan bahwa lucid dream itu adalah proses terbangun yang singkat, atau mungkin kita lebih mengenalnya sebagai ‘ngigo’ atau terjaga di tengah tidur. Kita nggak mungkin akan sadar ketika dalam keadaan ngigo. Berbeda dari ‘berjalan dalam tidur’ yang sudah dikategorikan sebagai penyakit, terjaga di tengah tidur bisa berupa gumaman2 kecil yang tidak akan diingat seseorang ketika ia bangun, atau bentuk gerakan2 kecil yang sebenarnya adalah kesalahan otak dalam mengatur syaraf yang seharusnya membuat orang tidak bisa bergerak ketika sedang bermimpi.

Di luar semua hal skeptis yang dipercaya orang ttg fenomena ini, ada banyak penjelasan mengenai lucid dreams.
Emang sih gak bisa diterima nalar, tapi penjelasan paling mudahnya berkaitan dengan otak dan syaraf. Sesuatu yang nggak mungkin gw jelasin di sini. Psikologi bukan bidang gw.
Tapi, banyak juga hal2 berkaitan dengan lucid dream ini termasuk dengan pengalaman out-of-body alias roh yang keluar dari raganya.
I’m not a believer, tapi juga gak bisa bilang nggak percaya dengan hal2 berkenaan dengan setan atau jin atau hantu, atau apalah… 😐
Pengalaman yang sering disebut dengan out-of-body ini udah masuk ke dalam kategori metafisik yang nggak semua orang bisa membuktikan.
Kabarnya sih, ada beberapa rumah sakit di Amerika yang melakukan penelitian mengenai pengalaman ini dengan menempelkan kertas bertulisan yang hanya bisa di baca dari atas di langit2 ruang operasi. Pasien tentu tidak mengetahui keberadaan kertas ini, sehingga nanti setelah proses operasi selesai, petugas peneliti hanya tinggal menanyakan pada pasien yang mengklaim telah merasakan pengalaman out-of-body tersebut mengenai keberadaan kertas bertulisan itu. Simple…

Kembali ke lucid dream, atau mimpi yang nyata.
Rata2 orang yang mengalami lucid dream ini adalah tentunya orang yang sering bermimpi atau frekuensi mimpi nya rata2 di atas 70% setiap kali tidur.
30% sisanya adalah orang2 yang pasti bermimpi namun hanya tidak bisa mengingat mimpi mereka tersebut.
Faktanya semua orang bermimpi. Orang yang mengatakan dia tidak pernah bermimpi sekalipun pasti bermimpi namun tidak mempunyai memory atau ingatan ttg mimpi yang dialaminya.
Kemudian, orang2 yang sering bermimpi pun biasanya melupakan mimpi nya dalam waktu 5-10 menit setelah terbangun.
Sedangkan orang2 yang mengalami lucid dream memiliki experience berbeda dengan mimpi yang dialaminya. Selain kemungkinan besar mengingat jelas mimpi2 yang di alaminya, juga mungkin memiliki pengalaman ‘bersentuhan’ yang nyata yang membekas dari mimpinya bahkan saat dia bangun.

Mungkin itu sedikit banyak yang bisa gw bagi mengenai Lucid Dream…
Jangan takut karena fenomena ini langka, maka seharusnya lo bangga kalo lo pernah merasakan… 😀

Keep dreaming!!!

Sumber wikipedia ttg lucid dream
Fakta unik ttg lucid dreams ini gw posting di sini

Advertisements

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: