Mania Bipolar Disorder

Bro & sis, pembaca blog terkutuk ini… Gw nggak menawarkan apa-apa di blog ini. Bukan informasi, bukan berita, atau cerita.
Ini cuma sekedar tulisan orang bingung yang nggak tau harus menyalurkan emosi kemana.
Kadang seneng, kadang sedih, kadang kesel, kadang marah2, kadang terlalu happy….
Ya itu namanya bipolar. Tapi perubahan mood itu cenderung cepat dan bukan model galaunya anak alay jaman sekarang.
So, jangan sekedar nyebut diri bipolar kalau belum tau betapa susahnya punya penyakit kayak begini…

Next..
Gw pengin bahas tentang Bipolar Disorder, lagi…
Dulu penyakit ini disebut dengan “manic-depressive”. Yaitu keadaan ketika suasana hati meningkat secara klinis disebut sebagai mania atau, jika ringan, hypomania. Individu yang mengalami episode mania juga sering mengalami episode depresi, atau gejala, atau episode campuran dimana kedua fitur mania dan depresi hadir pada waktu yang sama.
Episode ini biasanya dipisahkan oleh periode “normal” suasana hati (mood) , tetapi, dalam beberapa depresi, individu dan mania mungkin berganti dengan sangat cepat, yang dikenal sebagai “rapid-cycle”. Manic episode Ekstrim kadang-kadang dapat menyebabkan gejala psikotik seperti delusidan halusinasi.
Episode manik biasanya mulai dengan tiba-tiba dan berlangsung antara dua minggu sampai lima bulan. Sedangkan depresi cenderung berlangsung lebih lama.
Episode hipomanik mempunyai derajat yang lebih ringan daripada manik.

Tingkat keparahan episode mood sering digambarkan sebagai spektrum bipolar, dan dibagi menjadi beberapa, yaitu: Bipolar I, Bipolar II, Cyclothymia, dll.

Kali ini gw khusus akan membahas episode mania atau ketika suasana hati meningkat secara drastis.
Tanda-tandanya, antara lain:

  1. Gembira berlebihan namun mudah tersinggung sehingga mudah marah
  2. Merasa dirinya sangat penting dan merasa memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain
  3. Penuh ide dan semangat baru, tapi cepat berpindah dari satu ide ke ide lainnya
  4. Seperti mendengar suara yang orang lain tak dapat mendengar
  5. Nafsu seksual meningkat
  6. Menyusun rencana yang tidak masuk akal, membuat keputusan aneh dan tiba-tiba, namun cenderung membahayakan
  7. Sangat aktif dan bergerak sangat cepat termasuk berbicara sangat cepat sehingga sukar dimengerti apa yang dibicarakan
  8. Menghamburkan uang tanpa sebab atau tidak jelas kebutuhannya
  9. Merasa sangat mengenal orang lain
  10. Mudah melempar kritik terhadap orang lain tapi bila di kritik sering tersinggung
  11. Sukar menahan diri dalam perilaku sehari-hari
  12. Sulit tidur di jam-jam normal, biasanya karena merasa sangat bersemangat, seakan-akan 1 hari tidak cukup 24 jam

Di luar ke-12 tanda itu sebenarnya masih banyak gejala mania yg lainnya. Tergantung masing2 penderitanya. Nggak semua tanda akan muncul, tapi bukan berarti nggak akan muncul semuanya. (Bingung?? Sama…)

Tanda-tanda di atas, sebaiknya nggak cuma si penderita yang mengetahuinya. Lebih baik kalau keluarga atau teman dekat juga mengetahui tanda2 tsb. Karena biasanya penderita akan sulit mengenali tanda2 tsb d atas ketika sedang kambuh.
Perlu orang lain yang bisa mengingatkan atau memberi tahu si penderita.

Penderita mania sebenarnya tidak perlu terlalu di khawatirkan karena masih bisa produktif dengan ide-ide kreatifnya.
Yang perlu dikhawatirkan apabila gejala mania nya terganggu dengan gejala hypomania yang cenderung depsresif.

Penanganan mania lebih ringan, hanya dengan sering berkomunikasi dan diingatkan. Tapi, harus dijaga agar jangan sampai tersinggung… (Penderita mania mudah tersinggung!)
Komunikasi ringan seperti membicarakan hal yang membuat penderita tertarik akan mempermudah orang untuk mengingatkan kondisinya yang mania.
Jangan main langsung tembak dan malah memarahinya karena sebuah ide yang beresiko. Ini bisa menyebabkan marah yang meledak-ledak. Bahaya…

Advertisements

About BrokenInfinity8

There's no 'forever'... The infinite is already broken. View all posts by BrokenInfinity8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: